45
Noah Solutions
Ini Dia Pengertian dan Cara Kerja RFID Tag
09 April 2020

RFID merupakan singkatan dari Radio Frequency Identification, sedangkan untuk pengertian dari RFID yaitu sistem identifikasi tanpa kabel yang berguna untuk mengambil data tanpa memerlukan sentuhan berupa barcode maupun kartu magnetik seperti contohnya kartu ATM. RFID saat ini sudah banyak digunakan di banyak bidang seperti perusahaan, rumah sakit, hotel, dan lain sebagainya.

Semakin maju teknologi, kini membuat semuanya cukup menggunakan kode atau tag. Begitu pula RFID tag yang memiliki banyak keunggulan dan kemanfaatan di berbagai bidang. Lalu bagaimana cara kerja teknologi tersebut sehingga banyak digunakan oleh masyarakat saat ini? Mari kita simak penjelasan berikut.

Penjelasan Mengenai RFID Tag


Pengertian Radio Frequency Identification Tag

Seperti yang sudah dijelaskan pada pembukaan di atas, bahwa RFID merupakan sistem dengan basis wireless yang berguna untuk mengambil data tanpa bersentuhan. Alat RFID ini memanfaatkan radiasi elektromagnetik yang digunakan untuk mengambil kode. RFID tag merupakan sebuah alat yang akan dibaca kodenya oleh RFID reader.

Alat tersebut terdiri dari dua jenis diantaranya yaitu perangkat aktif dan perangkat pasif. Tag pasif bisa berfungsi tanpa menggunakan baterai sedangkan tag aktif hanya dapat berfungsi jika menggunakan baterai. Untuk penggunaannya juga terdapat dua jenis yaitu read only, yang berarti hanya bisa dibaca saja. Serta read write yang berarti setelah dibaca akan ditulis ulang.

Cara Kerja RFID Tag

RFID memanfaatkan gelombang radio yang bisa digunakan untuk mengambil data tanpa bersentuhan tersebut. Sehingga membutuhkan paling sedikit dua perangkat agar alat ini da[at berfungsi sebagaimana mestinya. Alat yang berfungsi dalam RFID ini yaitu tag dan reader. Dimana tag merupakan kode dan reader merupakan pembaca dari kode tersebut.

RFID tag yang digunakan hanya berupa tag yang unik dan memiliki perbedaan antara tag yang satu dengan tag lainnya. Informasi yang tersimpan di dalam tag tersebut hanya bisa dibaca atau dihubungkan oleh RFID Reader.

RFID Reader

Di atas sudah dijelaskan sedikit tentang RFID reader yang berfungsi untuk membaca sebuah kode dai RFID tag. RFID reader juga terdapat dua macam, diantaranya yaitu reader pasif dan reader aktif. Reader pasif hanya bisa berfungsi atau membaca ketika menerima sinyal radio tag aktif, dimana tag aktif tersebut hanya bisa beroperasi menggunakan baterai.

Sedangkan reader aktif bisa berfungsi dengan cara memancarkan sinyal interogator ke tag dan menerima sinyal atau balasan autentikasi dari tag. Sinyal interogator ini menginduksi tag yang akhirnya menjadi sinyal sehingga bisa berguna untuk membaca tag pasif.

Pemanfaatan RFID

Karena kemudahan yang diperoleh ketika menggunakan RFID, kini banyak lembaga atau bidang yang menggunakan RFID. Diantaranya yaitu perusahaan, super market, rumah sakit, lembaga sekolah, dan akhir-akhir ini bahkan dimanfaatkan untuk identifikasi pengguna BBM yang telah bersubsidi.

Jika kamu sudah mengetahui kelebihan teknologi RFID dalam memudahkan kamu melakukan pekerjaan sehari-hari, kamu dapat menemukan solusi lainnya untuk menjawab permasalahan kebutuhan bisnis kamu lainnya di bidang teknologi. Konsultasikan kebutuhanmu bersana Noah Arkindo. Noah Arkindo telah berpengalaman lebih dari dua dekade memberikan solusi teknologi untuk kebutuhan proses bisnis di berbagai bidang bisnis.

Related Articles
20 December 2018
MPOS: OUTSIDE THE LINES IN RETAIL
Like millions of others, last November I ventured out on…
Related Articles
20 December 2018
MOBILE DEVICES AND THE RISK OF HEALTHCARE-ASSOCIATED INFECTIONS
Mobile devices and handheld computers have made healthcare much more…
Related Articles
24 April 2020
4 Fungsi QR Barcode Yang Tak Banyak Orang Tahu
Sudah pernah mendengar tentang QR code? Pasti sebagian dari Anda…
Related Articles
30 December 2019
Ketahui Terlebih Dahulu 2 Jenis Printer Kasir Terbaik, Sebelum Membeli
Saat ini kebutuhan printer kasir sangat penting, terlebih lagi untuk…
Related Articles