A190613006_photo2019-06-13_17_07_17photo
Noah Solutions
Kenali Barcode dan Fungsinya Dalam Dunia Bisnis
03 March 2020

Mesin barcode adalah salah satu alat yang biasa dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang bergerak di bidang bisnis. Alat ini bisa dengan mudah kita jumpai karena ada banyak toko, supermarket dan sejenisnya yang menggunakannya untuk mempermudah proses pembayaran. Jenis-jenisnya sendiri cukup beragam, mulai dari yang bertipe laser hingga yang bentuknya seperti pena dan HP.

Dalam penggunaannya, mesin ini dipakai untuk membaca barcode, yakni kode batang yang isinya berupa kumpulan data optik. Wujud dari barcode ini terdiri atas garis-garis berwarna hitam dengan background warna putih. Hampir setiap produk yang terdapat barcode, dan untuk menerjemahkannya diperlukan mesin tersebut.

Mengenal Mesin Barcode dan Fungsinya


Apa itu Mesin Barcode

Mungkin Anda lebih mengenal alat ini dengan sebutan mesin pos atau mesin kasir. Definisinya adalah perangkat atau alat optik yang dipakai untuk melihat data produk secara otomatis. Dengan adanya mesin ini, orang yang bertugas sebagai kasir jadi bisa mengetahui berbagai hal yang ada hubungannya dengan produk termasuk harga tanpa perlu melakukan input manual menggunakan keyboard.

Bisa dijelaskan juga bahwa mesin ini menjadi penghubung diantara produsen, produk dan konsumen, dimana informasi produsen bisa terhubung dengan berbagai bahan yang dipakai serta informasi order. Sedangkan konsumen bisa terhubung informasi tanggal kadaluarsa dan informasi-informasi produk yang lainnya.

Fungsi Mesin Barcode Sebagai Pengganti Keyboard

Tentunya mesin kasir ini mempunyai beberapa fungsi sekaligus. Salah satunya ialah pengganti keyboard. Ini adalah pemahaman yang sederhana mengenai mesin kasir. Mesin yang dimaksud dipakai untuk memindai barcode, setelah itu, hasilnya akan diproses oleh sistem lebih lanjut. Dengan adanya mesin ini, kasir tidak perlu bekerja secara manual menggunakan keyboard yang bisa mempercepat proses pembayaran.

Fungsi Mesin Barcode Sebagai Alat untuk Membaca Produk

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, barcode-barcode yang terdapat pada produk memang sengaja diterapkan dengan tujuan supaya informasi produk tersebut bisa terbaca oleh komputer atau mesin secara otomatis. Dengan kata lain, barcode bukan hanya garis tanpa makna, melainkan di dalamnya ada sejumlah informasi penting dan untuk membacanya diperlukan mesin barcode.

Fungsi Mesin Barcode untuk Kebutuhan Pengiriman Barang

Mesin ini tidak hanya berguna untuk keperluan retail saja, tetapi untuk keperluan pengiriman barang juga iya. Jika Anda termasuk sering menggunakan jasa ekspedisi, terutama saat berbelanja online, maka Anda akan melihat adanya barcode pada bagian kemasan paling luar. Nah, barcode ini juga harus diterjemahkan menggunakan mesin yang dimaksud.

Fungsi Mesin Kasir untuk Pelacakan Pelanggan

Dalam perkembangannya, sekarang sudah banyak mesin kasir atau mesin barcode yang dilengkapi dengan kartu loyalitas pelanggan. Kartu loyalitas ini bisa memberikan informasi pada pemilik bisnis mengenai produk-produk yang mereka beli. Dengan begini, pemilik bisnis juga bisa tahu produk apa saja yang telah keluar, dibeli dan sering dibutuhkan oleh pelanggan tersebut.

Karena mesin ini memberikan informasi mengenai produk yang keluar, sudah tentu mesin ini juga mempermudah pengelola bisnis untuk mengetahui jumlah stok yang ada, sehingga apabila jumlah stok sudah hampir habis, mereka bisa segera melakukan restock.

Mesin barcode dapat sangat membantu pekerjaan Anda untuk lebih mudah, cepat dan akurat. Anda mungkin ingin menemukan mesin barcode yang sesuai dengan kebutuhan Anda, atau bahkan ingin mengetahui solusi teknologi lainnya untuk membantu pekerjaan Anda.

Anda dapat berkonsultasi dengan Noah Arkindo. Noah Arkindo melayani konsultasi bagi Anda yang ingin menemukan solusi teknologi yang tepat untuk pekerjaan yang dilakukan sehari-hari agar lebih cepat, mudah dan efisien. Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda tersebut pada Noah Arkindo.

Related Articles
04 January 2020
Ketahui Jenis RFID yang Dipakai untuk Contoh Kartu Pelajar
Cara kerja RFID memakai gelombang radio untuk melakukan identifikasi. Sistem…
Related Articles
30 December 2019
Ketahui Terlebih Dahulu 2 Jenis Printer Kasir Terbaik, Sebelum Membeli
Saat ini kebutuhan printer kasir sangat penting, terlebih lagi untuk…
Related Articles
15 May 2020
Mau Membuat Stock Opname? Ikuti Langkah-Langkah Berikut Ini
Mungkin banyak orang belum mengetahui apa itu stock opname. Stock…
Related Articles
02 January 2020
10 Macam Jenis Kode Barcode
Kode Barcode termasuk susunan garis cetak vertical hitam putih. Memiliki…
Related Articles
whatsapp